Pendidikan Anak Usia Dini

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan unsur pelaksana STKIP Mutiara Banten (STKIP MB) dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan pengembangan ilmu pendidikan.

>> Visi

“ Pada Tahun 2021, program studi menjadi  sangat baik dalam menghasilkan tenaga Kependidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang profesional dan berkarakter.”

>> Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan tenaga kependidikan anak usia dini yang professional.
  • Mengembangkan kompetensi lulusan dengan seperangkat nilai dan etika dalam bersikap dan berperilaku terhadap pengakuan akan keberagaman kehidupan, pengenalan diri sendiri dan memiliki sikap mental enterpreneurship.
  • Menyelenggarakan penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan kualitas kehidupan manusia secara menyeluruh
  • Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam upaya pengembangan anak usia dini.
>> Tujuan
  • Menghasilkan pendidik/tenaga pendidik yang professional untuk Taman Pengasuh Anak,Kanak-Kanak, kelompok bermain, Taman Kanak-kanak, dan Sekolah Dasar Kelas Awal.
  • Menghasilkan tenaga pelatih yang dapat memberikan pelatihan dalam rangka pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.
  • Menghasilkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan Anak Usia Dini.
  • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini yang berkarakter yang dapat memberikan pelayanan konsultasi dalam pendidikan anak usia dini

 

PROFIL LULUSAN

Program Studi PG-Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menghasilkan pendidik (Guru) di TK, KB, TPA, dan SD Kelas Awal dan pengelola PAUD di Lembaga PAUD dengan capaian belajar sebagai berikut;

  • Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran bagi anak usia dini melalui kegiatan bermain dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi pada lembaga pendidikan anak usia dini dalam berbagai jenjang (TK/RA/TPA/SPS) dan berbagai kondisi.
  • Menguasai berbagai prinsip dan teori pendidikan anak usia dini, komunikasi, pedagogi, psikologi perkembangan dan manajemen pendidikan agar mampu berperan sebagai tenaga pendidik, pengelola PAUD, konsultan PAUD dalam perancangan program pembelajaran bagi anak usia dini.
  • Mampu mengusulkan beberapa alternatif pemecahan masalah pembelajaran anak usia dini dengan menganalisis dan refleksi informasi serta data pelaksanaan pembelajaran.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dari masalah Pendidikan Anak Usia Dini, dan mampu bertanggung jawab sebagai pengelola lembaga pendidikan anak usia dini dan mampu melaksanakan tanggungjawab yang dipercayakan kepadanya.
  • Mampu melakukan komunikasi secara efektif dengan anak, orang tua, rekan sejawat dan unsur lainnya; bersikap sabar, kecintaan pada anak (passionate) dan menyenangkan, sehingga dapat memperluas jejaring kerja yang berdampak pada perbaikan kualitas pembelajaran anak usia dini sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama

  1. Menerapkan nilai-nilai kehidupanMenunjukkan keinginan belajar sepanjang hayat.
  2. Menunjukkan kecintaan dan menghargai keberagaman
  3. Berpikir, bersikap dan bertindak secara fleksibel, visioner, tangguh, dan objektif.
  4. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kepekaan terhadap fenomena alam.
  5. Kreatif, inovatif, analitis, dan mampu memecahkan masalah.

Kompetensi Kelulusan

  • Menguasai landasan pendidikan anak usia dini.
  • Memperlakukan anak secara tepat dan penuh kasih sayang
    (passionate).
  • Berkomunikasi efektif dengan anak, orang tua, rekan sejawat, dan
    unsur lainnya.
  • Melakukan asesmen perkembangan AUD.
  • Mengembangkan kurikulum berbasis bermain.
  • Mengembangkan program kegiatan bermain AUD.
  • Mengembangkan media dan sumber belajar dengan memanfaatkan lingkungan.
  • Memiliki kemampuan berolah seni dan berapresiasi seni.
  • Memiliki kemampuan manajerial dalam penyelenggaraan lembaga PAUD.
  • Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sesuai untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.
  • Melakukan penelitian tentang pendidikan anak usia dini