Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

>> Visi

“Pada Tahun 2021, menjadi Sekolah Tinggi yang sangat baik dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang professional dan berkarakter”

>> Misi

  • Menghasilkan pendidik/tenaga pendidik yang professional untuk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkarakter yang dapat memberikan pelayanan konsultasi dalam pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Menghasilkan tenaga pelatih yang dapat memberikan pelatihan dalam rangka pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Menghasilkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

>> Tujuan

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bertujuan menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki kemampuan:

  • Menghasilkan pendidik/tenaga pendaidik yang professional untuk Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Menghasilkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkarakter yang dapat memberikan pelayanan konsultasi dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  • Menghasilkan berbagai Informasi sebagai Rujukan dalam Pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat dideskripsikan sebagai berikut:

  • Kompetensi profesional dibentuk melalui subtansi kajian kebahasaan, kesastraan, dan kemahiran digunakan untuk mengembangkan berpikir kritis/analitis dan konseptual dalam rangka mengembangkan pemikiran reflektif dalam menelaah permasalahan dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia.
  • Kompetensi pedagogik dibentuk melalui substansi kajian kependidikan yang melandasi kemampuan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk mendukung kemampuan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  • Kompetensi kepribadian yang ditandai oleh kemampuan menunjukkan sikap toleransi yang didasarkan pada akhlak-moral dari kekayaan spiritual dalam kehidupan akademik dan sosialnya dalam mendukung pengajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  • Kompetensi sosial yang ditandai dengan kemampuan mengembangkan kepedulian dan kebersamaan dalam sikap maupun tindakan, dengan saling percaya, kerja sama saling membantu, dan membangun iklim kompetitif yang mendukung peningkatan produktivitas tugas/kerja profesional sebagai tenaga pendidikan dan kependidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Mahasiswa dapat lulus dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia jika telah menempuh 144 SKS. Jika IPK ≥ 3,00 mahasiswa boleh mengambil mata kuliah dengan beban maksimal 24 SKS. Indeks prestasi semester yang diperoleh mahasiswa menentukan jumlah sks yang diambil untuk semester berikutnya. Indeks prestasi semester dan kumulatif dihitung berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Sekolah Tinggi dan lulus tes UKBI minimal tingkat semenjana